Manfaat Khasiat dan Kandungan Daun Kelor

Kita sering mendengar peribahasa unik yang berbunyi "Dunia tak selebar daun kelor", yang maksudnya bahwa jangan cepat berputus asa karena masih banyak yang lainnya jika kita tidak berhasil dalam suatu urusan.

Peribahasa tersebut muncul karena memang daun kelor memiliki ukuran yang cukup kecil. Namun jangan menilai sesuatu dari tampilannya saja. Karena faktanya, di balik ukuran daun kelor yang kecil tersebut tersimpan manfaat dan kandungan nutrisi yang luar biasa besar.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kandungan vitamin dalam daun kelor tujuh kali lipat lebih banyak dari buah jeruk dan 4 kali lipat dari wortel. Kandungan potassiumnya 3 kali lipat dari buah pisang. Dan kandungan kalsiumnya setara dengan empat gelas susu, itulah faktanya.

Namun sayangnya, di Indonesia tidak banyak yang memanfaatkan daun kelor sebagai sumber nutrisi, meskipun pohon kelor sangat gampang tumbuh, bahkan anda hanya perlu menancapkan dahannya tanpa harus merawatnya dengan pupuk, pohon kelor akan tumbuh subur.


  • Iklan bukan bagian dari artikel:
  • Anda mencari Tempat Bekam di Surabaya atau Alamat Tempat Kursus Pelatihan Private Bekam Kop dan Lintah di Surabaya Sidoarjo Gresik dan sekitarnya, belum ketemu yang cocok ? 
  • Atau Apakah Anda Sedang Mencari Tempat Terapi Alternatif Alami Pengobatan Non Medis untuk berbagai penyakit kronis-degeneratif seperti Diabetes Mellitus  Diabete Basah yang ada luka ganggren borok Asam Urat Asam Urat Kronis dengan persendian atau ruas jari kaki dan tangan sudah kaku Kholesterol Tinggi Kanker Payudara Kanker Kelenjar Getah Bening Kista Penyakit Jantung Jantung Koroner Lemah Jantung Jantung Berdebar Jantung Bocor dan lainnya? Silakan hubungi kami eRThibi Rumah Thibbun Nabawi di Surabaya. Tempat Alamat dan Peta Lokasi "Klik Disini"


Kandungan Nutrisi Daun Kelor

Kandungan gizi pada daun kelor ternyata tidak main-main. Protein pada 100 gram daun kelor setara dengan zat gizi protein dalam satu butir telur. Bahkan, penelitian lain menunjukkan hasil yang sangat mengejutkan jika dibandingkan dengan bahan pangan kaya nutrisi lainnya.

Hasil perbandingan daun kelor dengan bahan pangan lain dalam jumlah yang sama (gram) menunjukkan hasil sebagai berikut:

  • Daun Kelor mengandung vitamin C tujuh kali lipat dari vitamin C dalam buah jeruk.
  • Daun Kelor mengandung vitamin A empat kali lipat vitamin A pada wortel,
  • Kandungan kalsium pada daun kelor setara dengan kalsium dalam empat gelas susu,
  • Sementara kandungan potassium setara dengan yang terkandung dalam tiga buah pisang,
  • Kandungan protein setara dengan protein dalam dua yogurt
  • Selain itu, tepung daun kelor mengandung protein lebih tinggi dari daun kelor segar yaitu 20-26 gram per 100 gram.


Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan
Daun Kelor ada juga yang menyebutnya dengan Tumbuhan Merunggai ini,  memiliki Nama latin Moringa Oleivera ini adalah tumbuhan dari suku Moringaceae, tumbuhan Kelor memiliki Tinggi Maksimal 7 sampai 11 meter, daun berbentuk Bulat Telur kecil-kecil bersusun Majemuk dalam satu tangkai. Di Jawa Daun Kelor biasa digunakan untuk sayur [meskipun orang jaman dahulu belum tahu kandungan nutrisinya], dan yang tidak kalah penting adalah daun kelor biasa digunakan untuk mengobati orang kesurupan jin, Wallahu a'alam Bishowab.

Manfaat Daun Kelor

Dalam dunia kesehatan sekatang daun Kelor sangat terkenal akan manfaat dan khasiatnya, berikut ini beberapa manfaat, khasiat dan cara membuat ramuan dari daun kelor :

1. Mengatasi pegal linu, reumatik dan nyeri
Bahan:
3 gagang daun kelor dan kapur sirih setengah sdm.

Cara Meramu :
Haluskan kesemua bahan tersebut lalu oleskan pada bagian yang sakit.

2. Mengobati sakit kuning
Bahan:
Gagang daun kelor sebanyak 3-7, air kelapa sebanyak 1 gelas dan madu 1 sdm.

Cara Meramu :
Cuci bersih gagang daun kelor lalu haluskan bersamaan dengan air kelapa yang disediakan. Setelah itu saring airnya dan tambahkan madu. Minum airnya secara rutin sampai sembuh.

3. Mengobati rabun ayam
Bahan:
Gagang daun kelor sebanyak 3, air matang 1 gelas dan madu secukupnya.

Cara Meramu :
Cuci bersih daun kelor dan haluskan. Jika sudah halus campurkan air matang dan seduh sampai merata. Lalu saring airnya dan tambahkan madu sembari diaduk. Minum sesaat sebelum tidur secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Menghilangkan flek di wajah
Bahan:
Daun kelor secukupnya.

Cara Meramu :
Haluskan daun kelor yang telah dicuci bersih. Jika sudah halus, oleskan pada wajah atau bisa juga dicampurkan dengan bedak yang biasa anda pakai. Biarkan sebentar kemudian basuhlah wajah anda dengan air sampai bersih.

Tentu saja masih banyak manfaat lain dari daun kelor yang belum disebutkan.





  • Anda masih terus mencari Tempat Alamat Bekam di Surabaya atau Alamat Tempat Kursus Pelatihan Private Bekam Kop dan Lintah di Surabaya Sidoarjo Gresik dan sekitarnya, belum ketemu yang cocok ? 
  • Atau Apakah Anda masih terus dan Sedang Mencari Tempat Terapi Alternatif Alami Pengobatan Non Medis untuk berbagai penyakit kronis-degeneratif seperti Diabetes Mellitus  Diabete Basah yang ada luka ganggren borok Asam Urat Asam Urat Kronis dengan persendian atau ruas jari kaki dan tangan sudah kaku Kholesterol Tinggi Kanker Payudara Kanker Kelenjar Getah Bening Kista Penyakit Jantung Jantung Koroner Lemah Jantung Jantung Berdebar Jantung Bocor dan lainnya? Silakan hubungi kami eRThibi Rumah Thibbun Nabawi di Surabaya. Tempat Alamat dan Peta Lokasi "Klik Disini"

1 komentar:

  1. Subhanallah, Ternyata daun kelor yang dipakai untuk memandikan orang madi [di jawa] manfaatnya luar biasa, dan nenek moyang kita jaman dulu tidak salam menjadikan bunga dan daun kelor sebagai sayur

    BalasHapus

 
Top